Sabtu, 31 Maret 2012

Apa itu CorelDRAW

Apa itu CorelDRAWCorelDraw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Corel Draw pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasi Windows 2000 dan yang lebih baru. Versi Corel Draw untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
imageCorelDraw merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC. Karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh coreldraw, maka coreldraw sering dimanfaatkan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
Keunggulan mengolah gambar berbasis vektor adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap. Karena itulah desain grafis dan olah gambar berbasis vektor sangat banyak digunakan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
Sebenarnya ada banyak sekali software desain grafis dan pengolah gambar berbasis vektor yang bisa kita gunakan,misalnya saja diantaranya adalah Coreldraw, Photoshop, Freehand, adobe ilustrator dll. Namun coreldraw merupakan program paling populer yang sering dimanfaatkan. Selain karena tampilannya yang user friendly dan mudah dipelajari, coreldraw juga mempunyai berbagai keunggulan – keunggulan lain yang sangat bermanfaat.
Beberapa keunggulan coreldraw antara lain coreldraw sangat bagus dalam kolaborasi teks dan gambar. Meskipun photoshop juga bisa namun lebih mudah dengan coreldraw. Selain itu kelebihan coreldraw yang jarang dimiliki oleh aplikasi desain grafis dan pengolah gambar yang lain adalah dukungan forum dan komunitas coreldraw yang begitu banyak dan beragam, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan tutorial, tips dan bisa berbagi ilmu dengan pengguna coreldraw lainnya di seluruh dunia.
Jika anda mengkolaborasikan dua aplikasi desain dan olah grafis populer yaitu coreldraw dan photoshop, maka hasilnya sudah pasti tidak terkalahkan karena hasil olah gambar dan desain grafis kolaborasi coreldraw dan photoshop ini sangat bagus sekali.

Saat ini Generasi baru dari coreldraw yaitu versi X6 yang tersedia dalam versi 32bit dan 64bit. Bagi para pengguna Windows 64bit selayaknya menggunakan CorelDRAW X6 versi 64bit yang akan sangat berpengaruh terhadap performa dari CorelDRAW itu sendiri.
Fitur-fitur baru yang ada dalam Corel X6 ini diantaranya adalah
  • Dukungan pada 64bit. Kita sekarang dapat memilih menggunakan versi 32bit atau 64bit pada CorelDRAW dan Corel PHOTO-PAINT. syarat menggunakan versi 64bit komputer kita harus terpasang memory lebih dari 4 Gb.;
  • Dukungan terhadap font OpenType. Selain itu CorelDRAW X6 juga sudah meningkatkan fitur Complex Script. sehingga kita bisa menggunakan tulisan arab, dan tulisan bahasa lainnya dengan lebih baik dari versi sebelumnya;
  • Smear, Twirl, Attract dan Repeal. fitur baru untuk membuat vektor secara kreatif;
  • Peningkatan pada fitur Powerclip yang lebih mudah dan lebih baik dari versi sebelumnya;.
  • Document Style. Mengatur Style dan Warna akan menjadi lebih mudah dari versi sebelumnya.
  • Software Pembuat Website. Membuat website sekarang lebih mudah dengan menggunakan Corel® Website Creator™ X6.
  • Bitmap and vector pattern fills.
    Yang akan kita dapatkan dalam CorelDraw Graphic Suite X6 ini :
  • CorelDRAW® X6; software pengolah vektor yang kita cintai.
  • Corel® PHOTO-PAINT™ X6; software untuk mengedit object bitmap seperti foto dsb.
  • Corel® PowerTRACE™ X6; fitur untuk membuat object vektor dari object bitmap
  • Corel® Website Creator™ X6*; software baru bawaan CorelDRAW Graphic Suite X6, untuk membuat website.
  • Corel CAPTURE™ X6; fitur untuk Screen Capture.
  • Corel® CONNECT™ X6; fitur pencari konten desain.
  • PhotoZoom Pro 2**; plug-in dari Corel PHOTO-PAINT unuk memperbesar gambar digital.
  • ConceptShare™; fitur untuk kolaborasi secara interaktif hasil pekerjaan kita menggunakan CorelDRAW Graphic Suite X6.
Kalau Anda ingin merasakan kehebatan CorelDRAW X6 (versi trial) silahkan downlod pada situs resminya CorelDRAW di sini

edit and repost by Arimjieblog

Ditulis Oleh : arimjie blog ~Arimjie Blog~ share about what I know

icon-kecil Artikel Apa itu CorelDRAW ini diposting oleh arimjie blog pada hari Sabtu, 31 Maret 2012. Anda bisa menemukan artikel Apa itu CorelDRAW ini dengan url http://arimjie.blogspot.com/2012/03/apa-itu-coreldraw.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Apa itu CorelDRAW ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Apa itu CorelDRAW sebagai sumbernya.

..:: Terimakasih::..

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



2 comments:

  1. makasih gan infonya, bermanfaat sekali,
    main ke blog ane gan.
    http://donlodga.blogspot.com/

    BalasHapus

Mohon Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan, tanpa harus memasang link hidup. Trims

 

Selamat Datang

Selamat datang di Arimjie Blog, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis apa adanya, ada yang muncul dari hasil pemikiran sendiri ada juga dari materi kuliah, hasil copas (tentunya diedit dulu..hehe..

Sekilas tentang Arimjie Blog

Nama lengkap saya Abd.Karim biasanya disapa Arim ato Aim saya membuat blog ini karena ingin berbagi ma teman-teman, sekaligus eksis di dunia blogger and dunia maya tentunya :p

Navigasi

Info