Kamis, 12 April 2012

Tahukah Anda, Bentuk Otak Ternyata Menentukan Jumlah Sahabat Kita?

Tahukah Anda, Bentuk Otak Ternyata Menentukan Jumlah Sahabat Kita?

Ilustrasi: Ukuran otak menentukan keterampilan sosial Anda, dan inilah yang memungkinkan Anda memiliki banyak sahabat (Foto: Telegraph)


Talinews.com, Inggris – Selama ini orang mengira bahwa memiliki banyak sahabat dikarenakan faktor ramah dan mudah bergaul. Ternyata, para ilmuwan menemukan bahwa banyak sahabat dipengaruhi oleh bentuk otak. Benarkah?
Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Universitas Oxford menyimpulkan pernyataan itu dari hasil temuan mereka. Para ahli mengatakan, mempertahankan persahabatan membutuhkan daya otak yang lebih, untuk menggunakan keahlian kognitif dalam memahami apa yang orang lain pikirkan.
Namun, penelitian ini bukan ditujukan pada pengguna jejaring sosial yang memiliki banyak pertemanan di dunia maya. Penelitian ini ditujukan pada orang-orang yang memiliki banyak sahabat dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut para peneliti, mereka menemukan hubungan antara jumlah orang yang memiliki banyak sahabat dan ukuran orbital frontal korteks, yang merupakan wilayah otak dan berada tepat di atas mata. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Proceeding of Royal Society B.
"Kami menemukan bahwa orang yang memiliki banyak sahabat melakukan tugas mentalising yang lebih baik, dan memiliki lebih banyak volume neural di bagian orbital frontal korteks, yakni bagian dari otak depan yang berada tepat di atas mata," ujar Profesor Robin Dunbar yang memimpin penelitian, seperti yang dilansir dari Telegraph.
Dunbar menambahkan bahwa dengan memahami hubungan antara ukuran otak individu dan jumlah sahabat yang dimiliki, membantu peneliti untuk memahami mekanisme yang menyebabkan pengembangan otak manusia yang lebih besar dibandingkan spesies primata lain.
"Frontal lobus dari otak mengalami pengembangan yang sangat dramatis pada manusia selama setengah juta tahun terakhir. Tentu saja jumlah waktu luang bersosialisasi, geografi, kepribadian dan jenis kelamin, mempengaruhi jumlah persahabatan. Namun, kita juga tahu bahwa beberapa faktor, terutama jenis kelamin, juga berkorelasi dengan keterampilan mentalising," terang Dunbar.
Pengujian pada penelitian ini dilakukan pada 40 orang, yang secara suka rela menjadi voluntir. Para ilmuwan mengambil gambar anatomi dari otak mereka, untuk mengetahui ukuran korteks frontal, yang digunakan untuk tingkat tinggi berpikir.
Voluntir diminta untuk membuat daftar sahabat dalam kehidupan sosialnya, dan melakukan kontak dengan para sahabat selama tujuh hari. Selain itu, peserta menjalani tes dalam menentukan seberapa kompeten mereka dalam mentalising, yang mencakup kapasitas untuk memahami apa yang dipikirkan orang lain, sebagai suatu aspek penting bagaimana seseorang menangani dunia sosialnya.
Dr Joanne Powell dari Universitas Liverpool menambahkan, penemuan yang paling penting dari penelitian itu adalah para peneliti mampu untuk menunjukkan hubungan antara ukuran otak dan jumlah jaringan sosial yang dimediasi oleh keterampilan mentalising.
"Ini menunjukkan pada kita bahwa ukuran otak menentukan keterampilan sosial Anda, dan inilah yang memungkinkan Anda memiliki banyak sahabat," katan Powell. Penelitian ini didanai oleh British Academy Centenary Research Project dan British Academy Research Professorship. (art)


Ditulis Oleh : arimjie blog ~Arimjie Blog~ share about what I know

icon-kecil Artikel Tahukah Anda, Bentuk Otak Ternyata Menentukan Jumlah Sahabat Kita? ini diposting oleh arimjie blog pada hari Kamis, 12 April 2012. Anda bisa menemukan artikel Tahukah Anda, Bentuk Otak Ternyata Menentukan Jumlah Sahabat Kita? ini dengan url http://arimjie.blogspot.com/2012/04/tahukah-anda-bentuk-otak-ternyata.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tahukah Anda, Bentuk Otak Ternyata Menentukan Jumlah Sahabat Kita? ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tahukah Anda, Bentuk Otak Ternyata Menentukan Jumlah Sahabat Kita? sebagai sumbernya.

..:: Terimakasih::..

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



8 comments:

  1. emm begitu,, tapi gimana kita mengetahui ukuran/ struktur otak kita? tapi masuk akal juga sih,, karena ketrampilan sosial juga pasti berasal dari otak,, nice share d^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ukuran otak sih, ku kurang tahu gmana cara ngukurinnya sob. mungkin dengan scan yah.. ato juga dengan menafsirkan nilai IQ/kemampuan otak. hehe

      Hapus
  2. kalo otak sy gimana ?? heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikeluarin aja siz... hehehe.. terus diukurin..

      Hapus
    2. ehehe.. nantilah.. wkwkwk

      Hapus
    3. kalo butuh bantuan, bilang yah..!!!

      Hapus
  3. bang,mau minta izin copas.....
    gmn??boleh????

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan :}, artikel di atas juga hasil copas, tuh ada sumbernya.. silahkan cantumkan sumber dari yang empunya...

      Hapus

Mohon Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan, tanpa harus memasang link hidup. Trims

 

Selamat Datang

Selamat datang di Arimjie Blog, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis apa adanya, ada yang muncul dari hasil pemikiran sendiri ada juga dari materi kuliah, hasil copas (tentunya diedit dulu..hehe..

Sekilas tentang Arimjie Blog

Nama lengkap saya Abd.Karim biasanya disapa Arim ato Aim saya membuat blog ini karena ingin berbagi ma teman-teman, sekaligus eksis di dunia blogger and dunia maya tentunya :p

Navigasi

Info