Selasa, 01 Mei 2012

Berteman Membuat Anda Sehat, Lho!

Berteman Membuat Anda Sehat, Lho!

Ilustrasi: Diketahui bahwa orang yang memiliki banyak teman dan pandai dalam berinteraksi sosial, memiliki dampak positif terhadap kesehatan tubuhnya. (Gambar: Huffingtonpost)
Talinews.com, Amerika Serikat – Mau sehat? Coba lihat berapa banyak teman yang Anda miliki. Bukan hanya sekadar teman dalam deretan angka, tetapi teman yang sering kongkow bareng, berdiskusi, dan berinteraksi secara langsung dengan Anda.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Amerika Serikat, diketahui bahwa orang yang memiliki banyak teman dan pandai dalam berinteraksi sosial, memiliki dampak positif terhadap kesehatan tubuhnya.

Seperti hasil studi 'The Pain of Exclusion' yang dilakukan oleh Kipling D. Williams yang diterbitkan di jurnal Scientific American Mind edisi Januari/Februari 2012. Studi ini menyatakan bahwa saat terjadi gangguan pada hubungan interaksi sosial, seperti penolakan akibat pertentangan di lingkungan sosial, biasanya timbul ekspresi 'sakit hati'.

Ekspresi ini menyebabkan adanya cidera fisik yang terbagi dalam dua komponen, perasaan emosional yang tidak menyenangkan dan perasaan sensorik yang tertekan. Semua komponen itu berhubungan dengan struktur yang berbeda di otak, yang akhirnya akan menyebabkan timbulnya rasa nyeri.

Struktur otak tertentu yang berhubungan dengan 'nyeri sosial' ini adalah anterior cingulate cortex, yakni struktur sama yang terlibat dalam komponen emosional dan rasa sakit fisik. Hubungan antara rasa sakit fisik dan sosial mencerminkan ikatan antara koneksi sosial dan proses fisiologis tubuh.

Dalam satu studi baru yang dipublikasikan di awal tahun lalu, peneliti melihat hubungan antara manfaat kesehatan dan hubungan sosial, mendapatkan bukti bahwa hubungan sosial melalui kontak yang meningkat dengan teman atau keluarga, berkaitan pada penurunan risiko kematian wanita muda penderita kanker payudara.

Penelitian lain yang mendukung hal ini adalah melalui jalur genetika. Hasilnya, bahan biokimia yang membawa manfaat dalam tubuh terhadap dukungan sosial yang baik adalah oksitosin neuropeptida.

Selain itu, oksitosin diketahui berperan sangat penting dalam pengaturan perilaku sosial, keterikatan dalam hubungan pertemanan, dan berpengaruh terhadap seluruh evolusi mamalia. Oksitosin juga bisa mengurangi respon stres dan meningkatkan perilaku prososial.

Kesimpulannya adalah, dengan berinteraksi sosial yang baik, komponen genetik dan saraf dalam tubuh Anda akan berkerja. Sedangkan, orang yang sangat individual dan sulit untuk menjalin komunikasi atau berinteraksi dengan lingkungan sosialnya, akan memunculkan banyak kecemasan dan merasa sangat terancam dari lingkungan luar.

Jadi, sepertinya tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk meluangkan waktu sejenak untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, atau menghabiskan waktu bersama dengan berlibur dan sekadar bersantai di satu café pinggir jalan sembari cuci mata. (art)

Ditulis Oleh : arimjie blog ~Arimjie Blog~ share about what I know

icon-kecil Artikel Berteman Membuat Anda Sehat, Lho! ini diposting oleh arimjie blog pada hari Selasa, 01 Mei 2012. Anda bisa menemukan artikel Berteman Membuat Anda Sehat, Lho! ini dengan url http://arimjie.blogspot.com/2012/05/berteman-membuat-anda-sehat-lho.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Berteman Membuat Anda Sehat, Lho! ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Berteman Membuat Anda Sehat, Lho! sebagai sumbernya.

..:: Terimakasih::..

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



13 comments:

  1. Info yang menarik kawan, saya jadi ngeri kerena punya sedikit teman kerena banyak menghabiskan waktu di depan layar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah bisa yach bro, baguslah kalau begitu heheeeeeee

      Hapus
  2. aduuh bang...sahabat ya,hmmmm...
    aq lbih suka menyendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut aku sih mending berdua-duaan aja, ketimbang rame-rame ngak seru ah....

      Hapus
    2. habisnya kadang teman jg menghanyutkan..hehe
      betul jg mas suwardi,mending ber2an...(ama yg di perbolehkan..)

      Hapus
  3. semakin banyak teman memang baik, kita dapat melakukan diskusi tentang hal-hal positif sehingga pikiran menjadi tenang. Dengan pikiran tenang kesehatan juga meningkat baik rohani maupun jasmani :) terimakasih atas sharing artikelnya. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kembalikasih bro... tulisan di atas cuma bahan repost bro.

      Hapus
  4. wah... menarik nih... terkait soal keberadaan "anterior cingulate cortex", "nyeri sosial" bisa diartikan sebagai gangguan fisik, dengan begitu kira-kira dah bisa blum yah,.. penolakan cinta ntu masuk kategori pelanggaran hukum (tindak pidana) ??? hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kira mas yang lebih mengerti akan hal itu... hehehe, kalo masalah tolak menolak sy cuma berkomentar "no comment" mas bro...

      Hapus
  5. Memang hubungan interaksi sosial secara nyata lebih memiliki efek positif daripada hanya lewat maya. Tidak hanya masalah kesehatan, tapi masalah sosial juga... tidak hanya masalah kesehatan fisik, tapi kesehatan mental juga. Orang yg punya banyak teman secara nyata dan sering berinteraksi akan lebih merasa bahagia.

    Hanya saja perlu dijaga agar tidak sampai kelewatan. Pinginnya bisa bersama teman terus tapi malah lupa waktu. Suka begadang justru malah bikin tidak sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. super sekali mas arie, yang jelas menanggapi semua hal dengan positif akan memberikan hasil yang baik pula, bgitupula dengan hubungan antara sesama manusia.. kan itu udah menjadi keharusan dari Sang Maha Pencipta...

      Hapus

Mohon Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan, tanpa harus memasang link hidup. Trims

 

Selamat Datang

Selamat datang di Arimjie Blog, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis apa adanya, ada yang muncul dari hasil pemikiran sendiri ada juga dari materi kuliah, hasil copas (tentunya diedit dulu..hehe..

Sekilas tentang Arimjie Blog

Nama lengkap saya Abd.Karim biasanya disapa Arim ato Aim saya membuat blog ini karena ingin berbagi ma teman-teman, sekaligus eksis di dunia blogger and dunia maya tentunya :p

Navigasi

Info