Jumat, 04 Mei 2012

Tanaman Obat Untuk Penyakit Urologika

Tanaman Obat Untuk Penyakit Urologika
Urologika adalah ilmu kedokteran yang mempelajari penyembuhan penyakit dan kelainan pada organ genital dan organ untuk kencing, baik pada wanita maupun pria, sedangkan penyakit pada organ tersebut disebut penyakit urologika.
Obat yang termasuk golongan ini adalah diuretic, zat peluruh batu ginjal, obat untuk kelainan prostate, termasuk analgesik dan anaestesi lokal.
Simplisia untuk diuretic dan peluruh batu ginjal :
1. Juniperi Fructus, Juniperi Aetheroleum
Juniperi Fructus adalah buah buni bulat masak yang berwarna ungu yang dikeringkan dari tanaman Juniperus communis L., dari suku Cupressaceae. Kecuali juga diambil dari jenis lain, yakni J.oxycedrus, J.phoenica, dan J.sabina.image
Simplisia ini mengandung minyak atsiri tidak kurang dari 1,0%, tetapi buah yang berasal dari Prancis dan Bosnia mengandung lebih tinggi kadarnya sampai 2,5%. Minyak atsiri mengandung lebih dari 60 macam senyawa terpen dengan kadar 40 – 70% terutama campuran dari α- dan β-pinena. Komponen lain adalah kadinen, terpinena-4-ol, kariofilena, epoksidihidrokariofilena, terpenil asetat, dan kamfer.
Penggunaan : sebagai diuretik, karminatif, dan menambah nafsu makan serta menghilangkan dispepsia, sedangkan sebagai obat luar untuk mengobati neuralgia dan rematik.
2. Uvae ursi Foliumimage
Uvae ursi Folium adalah daun yang dikeringkan dari tanaman Arctostaphylos uva-ursi (L.) Spreng. (Sinonim :Arbutus uva-ursi L.) Suku Ericaceae
Simplisia hars mengandung 6% turunan hidrokinon dihitung sebagai arbutin anhidrat (DAB 10). Untuk itu DAB 10 menetapkan reaksi emerson (kondensasi arbutin dengan 4-amino-antipirin) untuk penetapan kadar arbutin secara spektrofotometri.
Komponen utama simplisia ini adalah arbutin dan metil arbutin, suatu β-O-glukosida hidrokuinon, yakni metilhidrokuinon. Komponen yang lain adalah 2-O-galoilarbutin, 6’-O-asetil arbutin, dan hidrokuinon bebas.
Arbutin dalam bentuk glikosida tidak mempunyai khasiat. Didalam pencernaan, arbutin terhidrolisis menjadi hidrokuinon dan di dalam ginjal dipisahkan sebagai glukoronid atau ester asam sulfat. Di dalam lingkungan alkalis dari urine, senyawa hidrokuinon hasil hidrolisis juga dapat ditemukan, dan senyawa ini menyebabkan adanya sifat desinfektan dari urine. Urine alkalis dapat disebabkan karena natrium bikarbonat. Adanya zat penyamak (tanin) dalam kadar tinggi dan lamanya penggunaan obat yang mengandung zat penyamak menyebabkan daya adstringens terhadap perut besar maupun usus besar. Kadar zat tanin di dalam ekstrak akan menurun bila lama didinginkan. Karena itu penggunaan daun uva ursi untuk ginjal dan saluran air kencing harus dalam bentuk dekok dengan air mendidih..
3. Orthosiphonis Foliumimage
Yaitu daun yang dikeringkan dari tanaman Orthosiphon aristatus (C.L.Blume), Miquel( sinonim : O.stamineus Benth., O.grandiflorus Bold.) atau O.spicatus (Thunberg) Baker dari suku Lamiaceae (Labiatae)
Daun kumis kucing mengandung 0,5% minyak atsiri yang komposisinya belum diketahui secara pasti, namum diduga terdiri dari senyawa fenol. Selain itu juga mengandung saponin (misalnya sapofonin dan ortosifononid), asam-asam organik, dan 0,2% flavon lipofil. Eupatorin digunakan sebagai zat identitas, disamping sinensetin dan skutelarein tetrametiler.
Digunakan sebagai diuretik dan untuk obat batu ginjal serta saluran air kencing dengan takaran harian 6 -1 2 g.
4. Apii Fructusimage
Yaitu buah masak yang dikeringkan dari tanaman Apium graveolens L. dari suku Umbelliferae (Apiaceae).
Kandungan isi : buah apium mengandung 2 -3 % minyak atsiri yang mengandung terpen yang terdiri atas limonena (60%) dan Selinena (10%) sebagai komponen utama, sedangkan yang lain p-simena, β-terpineol, β-pinena, β-kariofilena, α-santanol, dihidrokarvona, butilftalida yang menimbulkan bau dan memiliki daya kerja sedatif. Komponen yang lain adalah anhidrida asam sedanonat, lakton asam sedanonat, fenol-fenol. Disamping itu buah ini juga mengandung furanokumarin dan glikosida kumarin.
Penggunaan : Simplisia dan minyak atsirinya digunakan sebagai diuretik, stomakik, dan karminatif
5. Urticae Radix
Adalah akar yang dikeringkan dari tanaman Urticaria dioica L., Urticaria urens L., atau jenis lain dari suku Urticaceae.
Kandungan kimia : mengandung asetilkolin, hidroksi kumarin skopoletin, 3- β-sitosterin, sitosterin-O-glukosida, monoepoksilignan (neo-olivil), lektin, dan asam polisakarida.
Schmidt (1985) membuktikan bahwa di dalam ekstrak Urticae Radix ada inhibitor aromatase sehingga pembentukan oestrogen dari testosteron dihambat. Di dalam ekstrak terdapat steroid yang secara invitro diamati menhambat secara langsung pertumbuhan sel prostat. Lektin dan asam polisakarida mempunyai efek antoflostik dan daya kerja immuno-modulasi (Wagner dan Willer, 1990). Hryb et al., (1995) berhasil mengetahui bahwa fraksi air dari ekstrak akar dapat menghambat efisiensi pembentukan ikatan hormon seks dengan globulin (SHBG) pada reseptornyadi dalam membran prostat. SHBG dan reseptornya berperan dalam penyampaian rantai sinyal androgen dan oestrogen. Inhibisi pengikatan SHBG pada reseptornya menyebabkan hiperplasi pada prostat secara patofisiologi mudah dipengaruhi.
Penggunaan : untuk mengobati keluhan pada prostat (prostataadenon stadium I+II), berupa sediaan Bazoton ® dan Prostaforton ® N.
6. Sonchii Foliumimage
Yaitu daun yang dikeringkan dari tanaman Sonchus arvensis L. dari suku Compositae.
Kandungan isi : senyawa yang berkhasiat diduga adalah senyawa golongan flavonoid, termaasuk flavon apigenin-7-glikosida, luteolin-7-glikosida, luteolin-7-glukoronid, dan luteolin-7rutenosid, kemudian senyawa kumarin aeskuletin. Disamping itu juga ditemukan senyawa lipid diasilgalaktosigliserol, monogalaktogliserol dan diasil digalaktosigliesrol. Senyawa ini adalah lupeilasetat, β-amirin, lupeol, sitosterol dalam bentuk aglikon dan pinoresinol.
Rebusan daun tempuyung digunakan sebagai diuretik dan peluruh batu ginjal di dalam campuran obat minum dengan simplisia lain.

Ditulis Oleh : arimjie blog ~Arimjie Blog~ share about what I know

icon-kecil Artikel Tanaman Obat Untuk Penyakit Urologika ini diposting oleh arimjie blog pada hari Jumat, 04 Mei 2012. Anda bisa menemukan artikel Tanaman Obat Untuk Penyakit Urologika ini dengan url http://arimjie.blogspot.com/2012/05/tanaman-obat-untuk-penyakit-urologika.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Tanaman Obat Untuk Penyakit Urologika ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Tanaman Obat Untuk Penyakit Urologika sebagai sumbernya.

..:: Terimakasih::..

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



1 comments:

  1. kak bisa nggak posting tentang sifat kimia dan fisika senyawa sinensetin? makasi sebelumnya

    BalasHapus

Mohon Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan, tanpa harus memasang link hidup. Trims

 

Selamat Datang

Selamat datang di Arimjie Blog, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis apa adanya, ada yang muncul dari hasil pemikiran sendiri ada juga dari materi kuliah, hasil copas (tentunya diedit dulu..hehe..

Sekilas tentang Arimjie Blog

Nama lengkap saya Abd.Karim biasanya disapa Arim ato Aim saya membuat blog ini karena ingin berbagi ma teman-teman, sekaligus eksis di dunia blogger and dunia maya tentunya :p

Navigasi

Info