Rabu, 16 Januari 2013

Sintesis Obat (Fenoterol)

Sintesis Obat (Fenoterol)
PHENYL ALKYLAMINE
Banyak turunan Phenyl alkyamine yang penting dalam pengobatan dapat diklasifikasikan dalam 3 bagian. Yang utamanya dibedakan berdasarkan jarak antara atom N dasar dari gugus aromatik.
image

Selain itu terdapat banyak contoh senyawa yang dihasilkan dari kombinasi 1 sampai 3. yang mencakup beberapa penerapan.
image

Selanjutnya kriteria terdiri atas beberapa subtituen yakni :
image
Dimana turunan phenyl alkylamine dapat diperoleh dengan modifikasi pada subtituen tersebut.

FENOTEROL
Fenoterol adalah suatu stimulans selektif β2-adrenoreseptor yaitu melebarkan saluran pernapasan dan pembuluh darah, memiliki aksi tocolytic jelas, menurunkan aktivitas kontraksi dan mengurangi tonisitas rahim. Hal ini terutama digunakan dalam kelahiran yang prematur. Sinonim dari obat ini adalah berodual, verotec, duovent, dan lain-lain.

Mekanisme kerjanya adalah melalui stimulasi reseptor b2 di trachea (batang tenggorok) dan bronchi, yang menyebabkan aktivasi dari adenilsiklase. Enzim ini memperkuat pengubahan adenosintrifosat (ATP) yang kaya energi menjadi cyclic-adenosin monophosphat (cAMP) dengan pembebasan energi yang digunakan untuk proses-proses dalam sel. Meningkatnya kadar cAMP di dalam sel menghasilkan beberapa efek bronchodilatasi dan penghambatan pelepasan mediator oleh mast cells.
  1. Fenoterol, merupakan sintesis dari 3,5-diacetoxyacetophenone, yang dibrominasi menghasilkan 3,5 -diacetoxybromacetophenone (23.3.12)
    • image
  2. Kemudian 3,5-diacetoxybromacetophenone direaksikan dengan 2-benzylamino-1-(4-methoxyphenyl)-propane, melepaskan HBr dan menghasilkan amina tersier 23.3.13
    • image
  3. Kelompok asetil dihidrolisis dan penghapusan kelompok pelindung benzil melalui reduksi hidrogen menggunakan katalis palladium terhadap karbon menghasilkan amina sekunder 23.3.14
    • image
  4. 23.3.14 direaksikan dengan asam hidrobromat, yang memotong ikatan eter pada cincin benzen, menghasilkan derivate fenol 23.3.15.
    • image
  5. Akhirnya, pengurangan gugus karbonil dengan hidrogen menghasilkan fenoterol yang diinginkan (23.3.16)
    • image

DAFTAR PUSTAKA
  1. Vardanyan, R.S., Hruby, V.J, (2006), SYNTHESIS OF ESSENTIAL DRUG, Elsevier.
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Fenoterol 

Download file lengkapnya!

Ditulis Oleh : arimjie blog ~Arimjie Blog~ share about what I know

icon-kecil Artikel Sintesis Obat (Fenoterol) ini diposting oleh arimjie blog pada hari Rabu, 16 Januari 2013. Anda bisa menemukan artikel Sintesis Obat (Fenoterol) ini dengan url http://arimjie.blogspot.com/2013/01/sintesis-obat-fenoterol.html, Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Sintesis Obat (Fenoterol) ini sangat bermanfaat, namun jangan lupa untuk meletakkan link Sintesis Obat (Fenoterol) sebagai sumbernya.

..:: Terimakasih::..

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



0 comments:

Poskan Komentar

Mohon Berkomentarlah dengan Baik dan Sopan, tanpa harus memasang link hidup. Trims

 

Selamat Datang

Selamat datang di Arimjie Blog, saya harap anda senang berada diblog sederhana ini. Blog ini saya tulis apa adanya, ada yang muncul dari hasil pemikiran sendiri ada juga dari materi kuliah, hasil copas (tentunya diedit dulu..hehe..

Sekilas tentang Arimjie Blog

Logo di samping itu punya makna tersendiri buat saya, dan saya jadikan logo dari blog ini. Ceritanya panjang yang jelasnya berhubungan sama seseorang ..:) Oppss.. Nama lengkap saya Abd.Karim biasanya disapa Arim ato Aim saya membuat blog ini karena ingin berbagi ma teman-teman, sekaligus eksis di dunia blogger and dunia maya tentunya :p

Navigasi

Info